3rd February 2016 Cat: Zona Coretan, Zona Offline, Zona Online with No Comments »

Travel umroh basmalah

Pada awal tahun 2016, tepatnya pertengahan bulan Januari 2016, saya dan istri diberkan kesempatan untuk menjalankan ibadah umroh. Pada saat itu kami memilih Basmalah Travel yang berlokasi di Jakarta. Alamat tepatnya adalah Jl. Supriyadi, TB. Simatupang No. 7A Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Sangat menarik dan nyaman menggunakan jasa travel umroh Basmalah ini. Dimana saya baru pertama kali berangkat umroh dan sangat tepat menggunakan jasa travel umroh Basmalah. Bagaimana tidak, bimbingan dan pelayanannya luar biasa. Hotel yang mereka gunakan pun sangat dekat dengan masjid Nabawi (Madinah) dan Masjidil haram (Mekah). Padahal saya mengambil paket ekonomi.

Kami berangkat hanya 22 jamaah di tambah 1 ustad pembimbing, sehingga total menjadi 23 jamaah (terdiri dari sekitar 7 keluarga saja). Bayangkan hanya 23 jamaah saja juga tetap di berangkatkan. Dengan jumlah yang tidak terlalu banyak ini juga akan membuat ibadah kita tidak terganggu saling tunggu rombongan… dengan kata lain, akan sangat mudah mengaturnya.

Pertama berangkat melalui Bandara SoeTa Cengkareng Tangerang menuju Madinah (tanpa lewat Jeddah). Umroh kami ke Madinah (ziarah) terlebih dahulu baru di lanjutkan ke Mekkah (umroh), sehingga kami tidak kehilangan banyak waktu di jalan, karena banyak travel umroh yang tujual pertama ke Madinah tapi pesawat turun ke Jeddah terlebih dahulu, perjalanan Jeddah ke Madinah bisa sekitar 5 jam, belum lagi antrian di imigrasi lama banget.

Yang sangat menarik adalah, setiap hari setelah sholat Ashar, kami mendapatkan pengajian rutin harian sampai menjelang sholat Maghrib. Pengajian harian ini yang sangat berbeda dengan travel umroh lainnya. Pengajian hariannya pun menggunakan slide presentasion dan tema nya berhubungan dengan apa yang akan dilakukan besuk, dalil dan hadist nya seperti apa. Sehingga selain menyamakan visi untuk keesokan harinya, kami pun mendapatkan landasan hukum yang sesuai dengan syariat Islam.

Dengan adanya bimbingan pengajian rutin sebelum berangkat umroh dan pada saat proses perjalanan umroh tersebut, sangat terlihat kekompakan dari 22 jamaah tersebut, saling membantu, saling mengingatkan dan terjalin persaudaraan.

Yang menarik lagi adalah, saya menemukan 2 jamaah dari Travel lain yang kesasar. Pertama di Masjidil haram, ibu ibu sudah tua meminta tolong kepada sepasang suami istri, kebetulan berjalan bersampingan dengan kami (kejadian setelah sholat subuh). Ibu – ibu tersebut minta tolong karena dia kesasar, sepasang suami istri tersebut menanyakan dimana hotelnya dan ibu tua menjawab kalau dia lupa juga nama hotelnya…. yang membuat saya kaget, dengan cueknya sepasang suami istri tersebut menjawab… ya susah bu kalau gak tau nama hotelnya sambil jalan berlalu begitu saja. Gak tau kenapa hati saya tergetar untuk membantu, pada saat saya tanyakan apakah ibu membawa kartu dari travelnya yang buat tanda pengenal ibu…. ternyata dia membawanya… dan kebetulan hotel saya dekat, maka ibu tua tersebut saya bawa dulu ke hotel dan meminta tolong teman serombongan untuk menelpon contact person yang tercatat di kartu tersebut… dan akhirnya ibu tua tersebut di jemput oleh ustad pembimbing dia. Hal yang perlu di garis bawahi adalah kemana mana bawalah kartu pengenal dari travel masing masing dan hafalkan jalan dengan cara kita sendiri… kalau di rombongan travel uroh Basmalah.. setiap keluar hotel secara rombongan.. kami pasti akan berhenti sejenak di bimbing ustad kami untuk menghafal lokasi hotel dan gedung gedung di sekitar hotel supaya tidak kesasar.

Jamaah yang kesasar kedua adalah di Jeddah, saat kami akan pulang ke Indonesia, di imigrasi bandara sempat heboh dan pelayanan terhenti … menurut ustad kami yang paham bahasa arab… bahwa ada penumpang/jamaah yang tidak punya tiket tapi diloloskan saja oleh pihak penerbangan. Saya sendiri juga heran kenapa bisa begitu. Setelah saya sudah exit imigrasi barulah paham penyebab kejadian tadi. Pada saat exit imigrasi saya di panggil petugas dengan menggunakan bahasa arab… intinya apakah saya bisa bahasa arab? Saya jawab tidak.. lalu petugas imigrasi tersebut menunjuk ibu ibu tua di seberang.. pada saat saya dekati ternyata ibu ibu tua tersebut kesasar juga, dia baru datang dari Indonesia ke bandara jeddah dan ditinggal oleh rombongan….. ini kejadian yang parah sekali menurut saya… bis rombongan sudah berangkat (meninggalkan bandara Jeddah) tetapi hilang 1 jamaah… ketua rombongan dalam hal ini pihak travel umroh tidak mengetahuinya.

Karena saya tidak bisa bahasa Arab maka saya minta tolong kepada ustad rombongan travel umroh Basmalah untuk menjelaskan dan minta tolong ke pihak imigrasi, dikarenakan ibu tua tersebut karena kehilangan rombongan .. beliau mengikuti rombongan lain yang akan exit, sehingga passport dia pun sudah di stempel exit. Jadi baru datang langsung exit… inilah tadi yang menyebabkan stop sejenak pelayanan imigrasi.

Kejadian awal setelah ngobrol dengan ibu tersebut adalah ibu tersebut ketinggalan kacamata ditoilet bandara, setelah dia kembali dari toilet ternyata rombongan sudah tidak ada, lalu beliau bingung dan mengikuti rombongan Indonesia yang lain, akhirnya keliru masuk ke exit imigrasi. Kejadiannya lebih dari 1 jam, bayangkan 1 jam perjalanan bis sudah sampai mana tuh rombongan dan tidak tahu ada 1 jamaahnya hilang. Diketahui dari kartu nama nya yang di dapat dari travel.. travel tersebut adalah travel Wardah dari Lumajang.

Ustad kami menelpon contact person di kartu, lalu kami menitipkan ibu tersebut ke imigrasi dan mencoret lagi stempel exit nya. Selang sekitar 1 jam ustad kami di telpon oleh pihak travel wardah yang katanya sudah di area bandara Jeddah dan dijelaskan ibu tersebut posisinya di kantor imigrasi.

Nah dari kejadian kejadian tersebut, alangkah baiknya memilih travel umroh yang baik… jangan hanya pilih yang murah dan yang ramai jamaahnya… logika saya, semakin ramai jamaahnya maka semakin kita tidak khusyuk beribadah umroh… karena pasti nanti akan saling tunggu… kecuali pihak bimbingan umrohnya cuek… gak saling tunggu tapi kejadian pada hilang jamaahnya kesasar kemana mana.

Video Perjalanan Umroh Kami


Related Post :
Leave a Comment for Indahnya Umroh Bersama Basmalah Travel